5 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Dibuat oleh Elvira Elvira 29 December 2022
5 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Bahkan TikTok kini disebut-sebut sebagai pesaing terkuat Instagram. Terbukti, banyak content creator yang lahir dari TikTok. Ini tak lepas dari algoritma TikTok yang mampu memberikan rekomendasi video mana yang akan muncul di Page For You (FYP). Algoritma itulah yang dimanfaatkan oleh content creator untuk mencari uang.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok


Jika melalui Instagram, kamu hanya dapat menghasilkan uang dari endorse, namun melalui TikTok ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Menjadi Content Creator TikTok

Baik di Instagram maupun TikTok, menjadi content creator dengan followers yang banyak, akan menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan uang. Algoritma yang dimiliki TikTok lebih memudahkan kamu untuk menjadi content creator. Namun untuk bisa menjadi content creator TikTok yang sukses kamu perlu konsisten untuk mengunggah konten demi meraih followers.

Jika followers kamu sudah banyak, kamu bisa membuka endorsement hingga paid promote atau iklan berbayar. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa bekerja sama dengan brand besar.

       2. Membuka TikTok Shop

Salah satu kelebihan TikTok ialah kamu bisa bertransaksi melalui TikTok Shop. Fitur ini memungkinkan TikTok menjadi perantara antara penjual dan pembeli, mirip seperti marketplace. Di TikTok kamu bisa menjual berbagai macam barang. Selain itu TikTok juga memiliki sederetan program untuk memberdayakan UMKM lokal yang berjualan di platform mereka.

Jangan lupa, untuk membuat konten mengenai barang yang kamu jual. Karena hal ini cukup ampuh untuk menarik pembeli. Kamu bisa membuat konten saat melakukan pengemasan barang yang akan kamu kirim.

       3. Memanfaatkan Live Streaming

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur live streaming. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan virtual gift dari penonton live yang nantinya bisa diuangkan. Namun untuk bisa mendapatkan virtual gift, kamu harus memiliki minimal 1.000 followers. Selain itu konten kamu juga tidak boleh mengandung unsur-unsur ilegal atau bertentangan hukum.

Kamu bisa menggunakan hastag untuk menarik penonton lebih banyak. Dan terpenting, pilih tema yang bisa menarik minat penonton. Salah satu contohnya, kamu bisa melakukan live sambil bermain game.

      4. Membuat Musik

TikTok salah satu platform yang sering dimanfaatkan oleh para musisi untuk mempromosikan musik mereka. Bahkan ada banyak musisi yang lahir dan terkenal karena TikTok. Apa kamu ingat Farel Prayoga dengan lagu Ojo Bandingke? Farel adalah salah satu musisi yang viral dan terkenal berkat TikTok.

Dengan memasukkan musik kamu ke dalam TikTok, tidak menutup kemungkinan kamu bisa viral dan terkenal seperti Farel. Caranya, kamu cukup membuat konten dengan musik kamu di dalamnya. Jangan lupa gunakan hastag yang sesuai dengan konten dan musik yang kamu unggah.

      5. Menjadi Affiliator

Ini merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh TikTok untuk mendukung penjual dan konten kreator di platformnya. Nantinya kamu sebagai content creator akan bekerja sama dengan penjual atau seller di TikTok untuk memasarkan produknya. Jika konten yang kamu unggah mampu menarik pembeli, maka kamu bisa mendapatkan sejumlah komisi. 

Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengunggah video, memasarkan produk hingga melakukan live. Dari beberapa cara di atas, apa sudah ada yang pernah kamu coba?

Source:

https://store.sirclo.com/blog/cara-daftar-tiktok-affiliate/

https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-tiktok-affiliate/#.Y43whnZBw2w

https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate

https://www.demandsage.com/tiktok-user-statistics/#:~:text=One%20billion%20active%20users%20spread,media%20platforms%20as%20of%202022.

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6213625/syarat-dan-cara-live-di-tiktok-bisa-dapat-uang-dari-penontonnya

Komentar (0)