5 Alasan Kenapa Pelajar Indonesia Perlu Kuliah di Luar Negeri

Dibuat oleh Yuandita . 29 December 2022
5 Alasan Kenapa Pelajar Indonesia Perlu Kuliah di Luar Negeri

Memilih kuliah di luar negeri memang jadi impian banyak orang. Tetapi banyak juga yang masih skeptis perihal apa manfaat dan kenapa pelajar Indonesia perlu berkuliah di luar negeri.

Dilansir dari Gatra.com, sekiranya ada 53rb++ mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di luar negeri. Nah berikut ini adalah 5 Alasan Kenapa Pelajar Indonesia Perlu Kuliah di Luar Negeri.

1. Mengenal dan eksplor budaya baru

Meninggalkan tanah air dan beradaptasi dengan lingkungan baru tentu bukanlah hal yang mudah. Tetapi di sinilah Anda bisa mengenal dan berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari negara yang berbeda.

Ketika berkuliah di luar negeri, Anda bisa mengeksplor bagaimana kehidupan di sana dengan sudut pandang yang berbeda. Mungkin ada beberapa yang mengalami culture shock pada saat berkuliah di luar negeri, namun itu tidak akan berlangsung lama apabila Anda bisa beradaptasi dengan baik dan toleransi dengan budaya-budaya baru.

2. Perluas wawasan Anda tentang dunia

Pernah dengar kiasan “Mainmu kurang jauh”

Bukan, ini bukan berarti Anda harus keliling dunia untuk bermain-main. Kiasan ini memiliki arti yang penuh makna. Ini menyiratkan bahwa kita harus membuka wawasan kita pada pengetahuan agar bisa bertambah. Entah itu lewat buku, relasi, dan sebagainya. 

Nah ini merupakan kesempatan untuk Anda yang sedang ingin berkuliah di luar negeri. Anda akan menemukan perspektif baru dari negara yang ingin Anda untuk tempuh untuk pendidikan.

Misal, Anda sedang ingin lanjut di jurusan arkeologi, Anda bisa temukan banyak penelitian-penelitian di bidang tersebut. Baik itu sharing lewat teman-teman yang sevibrasi dengan Anda, perpustakaan yang kaya akan sejarah beserta arsip-arsipnya, hingga kegiatan-kegiatan kampus lainnya yang meningkatkan skill Anda.

3. Mendapat pengalaman kerja

Di era serba digital dan globalisasi ini beberapa bisnis owner di Indonesia memiliki relasi dengan pihak asing. Nah ini membuat mereka membutuhkan karyawan yang bisa atau pernah bekerja di lingkungan multinasional. Karena dengan memiliki pengalaman ini, akan membuat Anda mampu menyesuaikan diri dengan budaya dari negara lain. 

Maka, jika saat ini Anda ingin berkuliah atau sedang berkuliah di luar negeri, Anda bisa cari pengalaman kerja atau magang di negara yang Anda tinggali. Selain menambah nilai Anda, ini juga bermanfaat untuk menambah pengalaman dan membuka perspektif Anda kepada  kebiasaan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda-beda.

4. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu

Jika tinggal di Indonesia, mungkin bahasa Inggris hanya digunakan pada saat sekolah atau menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Namun jika Anda memilih kuliah di luar negeri, Anda harus bersiap menggunakan bahasa Inggris dimanapun dan kapanpun.

Anda bisa asah ini dengan sering berdiskusi dengan kerabat Anda yang ada di kampus. Ini bisa melatih percakapan Anda selama di luar negeri. Jika Anda pemula, tak perlu menggunakan tata-bahasa atau grammar sesuai yang ada di buku. Anda hanya perlu perbanyak vocabulary dan buat orang paham maksud Anda. Susunan bahasa Inggris Anda akan “bagus” jika sering di asah lewat percakapan sehari-hari. Setuju? 

5. Bisa cari cuan!

Terakhir, Anda bisa tabung pundi-pundi uang ketika belajar di luar negeri.

Anda pasti familiar dengan tokoh Jerome Polin, Turah Prathayana, hingga Gita Savitri?

Selain mengenyam pendidikan di luar negeri, mereka juga sambil membuat konten di akun  Youtube miliknya lewat berbagi insight di negara yang mereka tinggali hingga day-life nya sebagai mahasiswa di luar negeri.

Anda juga bisa contek mereka dengan menjadi Youtuber. Jika memang dirasa belum pede, Anda bisa mulai dengan magang atau part time disana. Nominal fee yang Anda dapatkan bisa Anda tabung atau bahkan diputar kembali ke dalam bentuk investasi.

 

Jadi, sekian artikel mengenai 5 Alasan Kenapa Pelajar Indonesia Perlu Kuliah di Luar Negeri. Semoga bermanfaat dan ada insight yang bisa Anda ambil ya.

 

Table of reference: 

 

https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/20/11151741/11-alasan-kenapa-kamu-harus-bertekat-kuliah-di-luar-negeri?page=all 

https://id.educations.com/articles-and-advice/10-reasons-to-study-abroad-12621 

https://www.gatra.com/news-548630-pendidikan-indonesia-peringkat-22-dunia-negara-dengan-siswa-terbanyak-di-luar-negeri.html 

https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/careers-prospects/4-manfaat-dari-magang-ke-luar-negeri/ 

Komentar (0)