10+ Cara Membuat CV yang Menarik & Profesional di Mata HRD

Dibuat oleh Adinda Nur Latifa Putri 29 December 2022
10+ Cara Membuat CV yang Menarik & Profesional di Mata HRD

Tahapan awal dari sebuah rekrutmen secara umum adalah seleksi administrasi dimana para job seeker mengumpulkan beberapa dokumen. CV adalah salah satu berkas yang diminta para HRD pada tahapan tersebut dan dianggap penting untuk menentukan apakah lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

Bahkan, konon para recruiter hanya memiliki waktu kurang dari semenit untuk membaca sebuah CV lamaran kerja hingga membuat keputusan apakah akan berlanjut ke tahap interview. Lalu, bagaimana cara membuat CV yang menarik dan profesional di mata HRD? Simak artikel ini sampai habis ya!

 

Apa itu CV?

Curriculum Vitae atau CV adalah sebuah berkas penting yang berisikan informasi secara ringkas dari seorang pencari kerja. Umumnya, CV memuat data pribadi, latar belakang pekerjaan sebelumnya, latar belakang pendidikan, skill, dan lain sebagainya.

Jika diartikan secara bahasa, CV adalah “perjalanan hidup” sang pembuat. Namun, karena digunakan dalam konteks profesional, maka harus berisikan informasi pengalaman relevan yang bisa menjadi nilai jual tersendiri atas kemampuan diri kita.

Manfaat CV dalam Dunia Kerja

Selaras dengan pengertiannya, manfaat CV adalah sebagai dokumen yang menggambarkan diri kita. Melalui informasi pribadi, data diri, hingga skill didalamnya, orang lain atau lebih spesifiknya HRD dapat menelaah dan menilai karakteristik seseorang.

Singkatnya, manfaat CV adalah menjelaskan secara singkat kriteria dan orang seperti apa Anda dalam bentuk teks.

 

Cara Membuat CV yang Menarik dan Profesional

Karena memegang peran penting pada awal tahap sebuah rekrutmen, maka dari itu berikut kami rangkum 10 cara membuat CV yang baik dan benar serta menarik di mata HRD, diantaranya:

1. Buat Deskripsi yang Menekankan Kelebihan Diri

Tips membuat CV yang pertama adalah memberikan sebuah deskripsi dengan menekankan kelebihan, prestasi, ataupun kekuatan diri. Hal ini berguna untuk memikat perhatian HRD sejak awal mereka membuka dan membaca CV Anda sehingga ia akan terus menelaah hingga akhir halaman.

Ceritakan secara singkat mengenai deskripsi singkat yang menggambarkan diri Anda. Namun, perlu diingat untuk tidak menuliskannya secara berlebihan dan tetap menyajikan data sebenarnya.

2. Lampirkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Jika Anda mempunyai cukup banyak pengalaman bekerja sebelumnya, maka pilihlah yang paling relevan dengan posisi yang akan dilamar. Sehingga, CV tetap ringkas dan spesifik.

Anda juga bisa mengecek kualifikasi apa saja yang diinginkan pada lowongan lalu integrasikan dengan pengalaman bekerja sebelumnya. Misalkan, Anda seorang Digital Marketing dan ingin melamar sebagai content marketing, maka bisa menekankan pengalaman pada pembuatan konten beserta pencapaiannya.

3. Tekankan Pencapaian bukan Deskripsi Pekerjaan

Cara membuat CV yang menarik selanjutnya adalah dengan menekankan pencapaian alih-alih hanya menyebutkan deskripsi pekerjaan sebelumnya. Hal tersebut akan membuat CV terlihat luar biasa.

Sajikan angka atau fakta dari pencapaian Anda selama bekerja yang tentunya juga masih relevan dengan kualifikasi lowongan kerjanya.

4. Gunakan Layout dan Font Profesional

Meskipun ingin membuat CV yang menarik, hindari menggunakan layout ramai sehingga membuat bingung HRD ketika membacanya. Kini, banyak juga cara membuat CV ATS friendly sederhana dan minimalis.

Selain layout, pertimbangkan juga menggunakan font teks yang simpel namun tetap profesional serta mudah dibaca, seperti Arial, Times New Roman, Helvetica, dan sebagainya.

5. Cantumkan Kontak yang Aktif dan Profesional

Meskipun terlihat remeh, namun cara membuat cv yang baik dan benar adalah dengan mencantumkan kontak aktif. Seringkali, banyak orang lupa untuk memperbarui nomor atau email aktif sehingga HRD terkendala ketika menghubungi mereka.

6. Tambahkan Keahlian dan Pendukung Lainnya

Karen tujuannya untuk mengenali dan menilai calon pekerja, Anda bisa juga memperkuat pengalaman serta pencapaian yang telah dicantumkan tadi dengan menambahkan keahlian atau skill sebagai pendukung.

Tentunya, usahakan cantumkan keahlian yang memang relevan dan dibutuhkan sebagai kualifikasi. Lampirkan juga pelatihan sebagai bukti pendukung jika skill tersebut memang Anda kuasai.

7. Hindari Menggunakan Simbol untuk Mengukur Skill

Pastinya tidak asing dengan simbol sebagai skala atau ukuran penguasaan sebuah skill bukan? Seperti bintang, lingkaran, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda ingin membuat CV ATS friendly, hindari penggunaan simbol-simbol tersebut.

Hal ini dikarenakan penggunaan skala atau ukuran skill itu dianggap kurang kredibel karena hanya berdasarkan asumsi pribadi. Terkecuali jika Anda memiliki bukti valid berupa sertifikat, misalnya skala pada kemampuan bahasa inggris.

8. Gunakan Kata-kata yang Powerful

Cara membuat CV yang menarik selanjutnya adalah dengan menggunakan kata-kata powerful atau kuat. Hindari penggunaan kata-kata umum atau monoton seperti pekerja keras, pantang menyerah, dan sebagainya.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kata-kata powerful seperti kreatif, berkomitmen tinggi, membangun, dan lain sebagainya.

9. Periksa Kembali Tata Bahasa

Tips membuat CV yang tak kalah penting adalah dengan memeriksa kembali tata bahasa atau melakukan proofreading. Pastikan semua kalimat sudah lengkap dan benar serta tidak ada typo atau salah ketik sama sekali.

Jika Anda menggunakan bahasa Inggris, jangan lupa mengecek grammar-nya sekali lagi apakah sudah benar dan sesuai. Jika diperlukan, Anda juga bisa meminta bantuan teman untuk melakukan proofreading ini.

10. Buat CV Singkat, Padat, dan Jelas

Terakhir, cara membuat CV yang baik dan benar adalah dengan membuatnya singkat, padat, serta jelas. Memang betul jika CV adalah kesempatan untuk menjual nilai diri Anda terhadap HRD, namun hindari menuliskan semua hal hingga lebih dari dua lembar.

Maka dari itu, pastikan menuliskan informasi yang paling relevan dan memiliki daya jual tinggi sehingga CV bisa tetap padat serta profesional.

 

Demikian Pengertian, Manfaat, serta 10 Cara Membuat CV yang Menarik dan Profesional. Dengan membenahi curriculum vitae, kemungkinan untuk memikat hati HRD hingga mendapatkan panggilan interview juga semakin tinggi. 

Maka dari itu, jangan asal mencantumkan semua informasi dan luangkanlah waktu Anda untuk menerapkan tips membuat CV diatas ya! 

 

References:

https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/13/060000765/7-tips-membuat-cv-yang-menarik-di-mata-hrd-?page=all

https://glints.com/id/lowongan/cara-membuat-cv-yang-menarik/#.Y44GuHZBy00

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61b1778ebb64a/5-tips-membuat-cv-agar-terlihat-profesional-dan-berkelas

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/tips-cv-menarik-di-depan-hrd/

https://www.gramedia.com/best-seller/tips-menyusun-cv/

Komentar (0)