Upskilling for the 21st Century Workforce

Dibuat oleh Rahmat Pranata 28 December 2022
Upskilling for the 21st Century Workforce

Tuntutan kepada SDM untuk Menguasai Teknologi

Kondisi dunia bisnis saat ini sedang berusaha pulih dari efek pandemi COVID-19, faktor penting untuk kemajuan perusahaan adalah peningkatan skill SDM. Hal tersebut harus menyesuaikan dengan kebutuhan pada sektor pengembangan teknologi. Selain di pihak perusahaan yang dituntut untuk mengembangkan skill karyawannya, calon karyawan harus menyesuaikan dengan teknologi dan perkembangannya.

Saat ini pengembangan skill bisa diakses dari mana saja. Kursus tidak melulu dengan bertatap muka secara langsung di suatu kelas atau di tempat tertentu. Dengan mengikuti pelatihan online seorang karyawan dan calon karyawan bisa menambah skill yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. beberapa situs dan penyedia jasa layanan kursus online cukup banyak menawarkan keahlian yang bisa dibeli dengan level dan kesulitan tertentu.

Kursus Online Menjadi Cara Paling Mudah Meningkatkan Skill

Situs penyedia kursus online yang menjadi pilihan bagi individu atau perusahaan yang ingin meningkatkan skill dan kualitasnya tersedia secara gratis maupun berbayar. Skillacademy.com misalnya, situs yang berafiliasi dengan Ruang Guru ini, menyediakan beberapa kursus yang berbayar. Beberapa waktu yang lalu pemerintah pusat melalui kemenaker bekerjasama dengan Ruang Guru untuk memberikan pelatihan pra kerja bagi siapa saja yang berminat secara gratis. Selain itu terdapat juga Udemy.com yang menyediakan beberapa kursus online untuk diikuti pesertanya.

Pentingnya kursus online ini sebanding dengan kebutuhan dunia kerja yang berubah. Menurut Forum Ekonomi Dunia (WEF), banyak perusahaan yang mengalami masalah SDM yang disebabkan oleh dampak pandemi global dan meningkatnya pengembangan otomasi yang mengubah pasar pekerjaan serta cara karyawan menjalankan pekerjaan mereka. Menurut laporan terbaru (WEF), pekerjaan masa depan yang diterbitkan pada tahun 2020, 50% dari semua karyawan akan membutuhkan pelatihan ulang pada tahun 2025.

Kebutuhan Skill yang Berubah

Jika sepuluh tahun lalu kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, manajemen diri, mendengarkan aktif, ketahanan, toleransi stres, dan fleksibilitas menjadi skil utama diterimanya karyawan, maka saat ini perusahaan menuntut kepada karyawan untuk memiliki skill tambahan. Skill ini menentukan seorang karyawan mampu menyesuaikan perubahan yang terjadi di zaman sekarang dan yang akan datang. kemampuan menguasai teknologi menjadi petimbangan penting bagi perusahaan untuk merekrut karyawannya.

Salah satu hal yang bisa dipelajari oleh calon karyawan atau karyawan baru adalah dengan menguasai HTML dan CSS untuk membangun sebuah Website. Selain sebagai sarana pemasaran,  Website juga penting bagi citra baik perusahaan atau sebuah brand tertentu. Agar lebih jelas berikut kami berikan penjelasan mengenai HTML dan CSS.

Pentingnya Belajar HTML untuk Pemula

Penguasaan skill dasar teknologi membuat kita mampu menyesuaikan perubahan yang terjadi dibidang bisnis saat ini. Mempelajari HTML bertujuan untuk menunjukkan ‘bagaimana’ menampilkan web yang telah kita buat melalui aplikasi tertentu.

Pentingnya mempelajari HTML  dasar dapat membuat kita lebih terbuka dengan dunia teknologi mutakhir agar mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar di kemudian hari.

Pengertian HTML dan Fungsinya

Teori yang wajib diketahui ketika akan memulai untuk membuat website bisa dengan cara menulis  HTML dengan benar. Sebaiknya yang akan kita buat sudah ada gambaran besarnya. HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk menulis konsep website yang menjadi acuan. Selain itu, HTML juga berfungsi untuk menjadikan halaman bisa diakses dan fungsional. Sementara itu CSS adalah kode yang membuat HTML lebih menarik.

Tim Berners-Lee dan Robert Cailliau merupakan yang pertama membuat HTML pada tahun 1989. HTML merupakan kepanjangan dari Hyper Text Markup Language. Hypertext merupakan kumpulan dokumen yang terdapat link yang bisa membawa menuju ke data yang ingin diakses. Saat ini sudah  terdapat Versi terbaru dari HTML yang bernama HTML5.

Jika anda berminat untuk belajar lebih dalam tentang HTML dan CSS, anda bisa mengakses ke website yang menyediakan kursus online tentang HTML dan CSS yang tersedia di internet. Beberapa channel youtube juga menyediakan tutorial tentang dua hal tersebut.

 

Daftar Pustaka

Yenni Ratna P, 2022. Perbaikan Perekonomian Indonesi Sesudah kejadian Pada Pancemi Covid-19. [situs onlie djkn.kemenkeu.go.id kamis 24 Februari 2022] Diakses pada Selasa 06 Desember 2022 Pukul 06.04 WIB.

Weforum, 2022. I Believe the Future of remote work is borderless and inclusive-here’s how we get there. [situs onlie weforum.org Senin 14 September 2022] dapat diakses disitus : https://www.weforum.org/agenda/2022/09/inclusivity-remote-work-borderless-workforce/. Diakses pada Selasa 06 Desember 2022 Pukul 06.04 WIB.

NewLinks, 2022. Upskilling the 21st-Century Workfoce. [situs onlie weforum.org Senin 14 September 2022] dapat diakses disitus : https://www.newlinkstraining.com/2021/02/10/upskilling-the-21st-century-workforce/. Diakses pada Selasa 06 Desember 2022 Pukul 06.04 WIB.

 

 

Komentar (0)