4 Cara Membuat Hidup Anda Lebih Mudah dengan Excel

Dibuat oleh Vania Safira Evanti 28 December 2022
4 Cara Membuat Hidup Anda Lebih Mudah dengan Excel

Kemajuan teknologi telah membuat banyak perubahan besar dalam hidup tiap orang. Kecanggihan teknologi di masa kini memaksa kita untuk bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat cepat, khususnya dalam hal keahlian di bidang teknologi. Baik di dunia kerja, sekolah, maupun kehidupan sehari-hari, kebutuhan akan keahlian teknologi yang mumpuni menjadi sangat dibutuhkan.

 

Salah satu teknologi yang sering digunakan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah salah satu tools yang paling diandalkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan data. Dengan menguasai tools ini, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, lho.

 

Penasaran bagaimana cara Excel dapat memudahkan hidup Anda? Yuk, simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

 

1. Pengelolaan keuangan sehari-hari yang lebih rapi dan efisien

Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu Anda membuat perencanaan dan pengelolaan keuangan sehari-hari dengan lebih rapi dan efisien, lho. 

Apalagi jika Anda ingin lebih berhemat, maka tools ini cocok digunakan untuk membantu Anda menyusun budget dan memantau setiap pengeluaran Anda. Anda bisa memanfaatkan berbagai rumus Excel untuk membuat tabel budgeting yang rapi di laptop Anda.

Misalnya rumus SUM untuk menghitung pengurangan dan penambahan pengeluaran serta rumus SUMIF untuk menambahkan sejumlah angka pada kriteria tertentu di tabel budgeting Anda.

 

2. Manajemen waktu yang lebih baik

Selain dapat digunakan untuk kebutuhan perencanaan dan pengelolaan keuangan, Excel juga bisa digunakan untuk membantu Anda mengelola waktu Anda setiap harinya. 

Misalnya, Anda dapat membuat timetable untuk daftar kegiatan Anda setiap harinya. Selain itu, Anda juga dapat membuat kalender bulanan untuk memudahkan Anda dalam melihat gambaran besar aktivitas Anda tiap bulannya, termasuk tanggal-tanggal penting.

Cara ini cukup efektif untuk Anda yang tidak begitu suka menggunakan physical planner. Tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun, Anda bisa dengan mudah mengatur jadwal kegiatan Anda di Microsoft Excel sehingga lebih praktis.

 

3. Mengukur performa bisnis Anda menjadi lebih mudah

Bagi Anda yang memiliki bisnis, Microsoft Excel menjadi tools yang penting untuk digunakan agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lebih lancar. Tools ini dapat digunakan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, misalnya untuk kebutuhan information management, sales directory, dan customer data. Selain itu, Excel tentunya dapat mempermudah Anda dalam mengelola bisnis dari segi administrasi. 

Dengan menggunakan rumus-rumus simpel saja, Anda bisa membuat tabel yang dapat digunakan untuk memantau pengeluaran invoice, jumlah revenue yang masuk, hingga data-data terkait review pelanggan atas barang atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Tentunya, data-data ini akan sangat bermanfaat sebagai acuan Anda dalam mengembangkan bisnis ke depannya.

 

4. Penyimpanan arsip kontak-kontak penting lebih terjaga

Saat ini, hampir semua orang memiliki dan menggunakan handphone setiap hari. Berbagai informasi pribadi yang penting kebanyakan disimpan di dalam handphone, misalnya seperti daftar kontak penting.

Meski begitu, menyimpan data kontak penting di handphone rawan hilang, lho. Apalagi jika Anda suka mengganti-ganti handphone dalam waktu yang relatif singkat sehingga harus sering memindahkan data ke perangkat lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki tempat penyimpanan data selain handphone yang rapi dan keamanannya terjamin, seperti Microsoft Excel.

Tools ini memungkinkan Anda untuk membuat rekapan atau database dari seluruh kontak informasi yang ada di handphone Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan data-data yang mungkin hilang atau terhapus di handphone Anda. Selain itu, keamanan data juga lebih terjamin karena Anda dapat menggunakan fitur “protect sheets” dan “passwords”  untuk melindungi data Anda.

 

Demikian ulasan singkat seputar empat cara menggunakan Microsoft Excel untuk mempermudah hidup Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya.

 

Reference:

  1. https://www.howtogeek.com/790582/excel-functions-for-budgeting/
  2. https://agcapitalcfo.com/10-excel-formulas-we-use-in-budget-creation/
  3. https://www.makeuseof.com/best-uses-of-excel/ 

 

Komentar (0)