10 Skill di Masa depan yang Harus Kamu Pelajari agar Bisa Sukses!

Dibuat oleh Muhammad Sayyid Rifai 27 December 2022
10 Skill di Masa depan yang Harus Kamu Pelajari agar Bisa Sukses!

Saat ini kita bisa mengakses segala hal dengan sangat mudah dan cepat. Namun, banyak tantangan tersendiri dalam menjalani kehidupan di era perkembangan teknologi seperti sekarang. Manusia dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak kalah bersaing dengan yang lainnya.

Terutama di bidang karir, banyak hal baru yang harus dipelajari untuk menambah skills dan kemampuan agar tidak tertinggal. Skills dan kemampuan ini juga bisa menjadi amunisi di masa depan, sehingga mempelajari skill-skill ini bisa merupakan hal yang sangat penting.

Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini

Ini Dia 10 Skill yang Harus Dipelajari Saat Ini

1, Berpikir Kreatif

Salah satu pekerjaan yang tidak akan bisa digantikan oleh mesin/robot adalah kreativitas. Dalam dunia kerja, kemampuan berpikir kreatif sangat penting dibutuhkan.

Apalagi di tengah persaingan teknologi saat ini, perusahaan saling berlomba-lomba untuk menunjukan keunikan dari brand yang mereka miliki melalui konten-konten kreatif. Karena itu, skill berpikir kreatif harus diasah dengan baik sebagai batu loncatan meraih kesuksesan di masa depan.

2. Problem Solving

Dalam kehidupan, masalah akan datang silih berganti, tak terkecuali dalam dunia pekerjaan. Kemampuan menyelesaikan masalah adalah skill yang sangat berguna dalam ruang lingkup apapun. Sebab, penyelesaian masalah yang baik tidak akan merugikan pihak manapun.

3. Public Speaking 

Keahlian berbicara di depan umum sangat diperlukan saat ini. Menjelaskan sesuatu dengan cara yang baik dapat mempengaruhi seseorang bahkan kelompok tertentu. Soft skill ini sangat diperlukan saat ini bahkan di masa depan.

Sebab, kemampuan menjelaskan, mempengaruhi, dan percaya diri adalah modal awal untuk mencapai kesuksesan.

4. Memiliki Jaringan yang Luas

Dalam membangun karir, jaringan salah satu hal penting untuk dibangun. Dengan networking yang luas, maka peluang mengambil suatu kesempatan untuk melangkah lebih maju semakin terbuka lebar.

Banyak cara untuk membangun networking, seperti mengikuti komunitas, organisasi, dan lain-lain.

5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Salah satu skill di masa depan yang harus dikuasai agar bisa menjadi sukses adalah leadership atau kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan harus dibangun dengan baik agar bisa menjadi pemimpin untuk diri sendiri dan orang lain.

Selain menjadi pemimpin, seorang yang memiliki jiwa leadership juga harus siap untuk dipimpin, memiliki pemikiran yang terbuka dan berani mengambil resiko.

6. Bisa Bekerja Secara Individu dan Tim

Seseorang yang sedang membangun karir harus bisa bekerja secara individu maupun bekerja secara tim. Sebab, hari ini sudah bukan lagi zaman kompetisi melainkan kolaborasi.

Dengan kolaborasi yang baik, maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa tanpa ada kesalahpahaman dan persaingan yang tidak perlu. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk karir di masa depan.

7. Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Di zaman yang serba canggih ini, sedikit saja mengabaikan informasi seputar teknologi, akan berakibat cukup fatal dalam membangun karir di masa depan. Misalnya, tidak cakap dalam mengoperasikan komputer.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat ini menuntut semua orang untuk terus mengikutinya. Sebab, banyak hal saat ini bergantung pada teknologi.

8. Mampu Bersosialisasi dan Mandiri

Selanjutnya, skill yang harus dipelajari agar bisa sukses di masa depan yaitu bisa berbaur dengan masyarakat luas. Karena hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, maka bersosialisasi menjadi hal penting dilakukan untuk membangun komunikasi dan jaringan.

Meski demikian, kemampuan hidup mandiri juga diperlukan agar tidak bergantung pada orang lain. Sehingga, kedua skill ini harus bisa dikuasai dengan baik.

9. Berpikir Kritis dan Analitis

Kemajuan teknologi membawa perubahan besar terhadap informasi. Saat ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Akan tetapi, semua informasi yang ada belum tentu benar dan masih banyak yang menyalahgunakannya.

Sebab itulah skill berpikir kritis dan analitis ini sangat penting untuk diasah agar bisa menyaring informasi yang ada.

10. Kemampuan Mengelola Waktu

Dalam dunia pekerjaan, seseorang yang memiliki time management sangatlah dibutuhkan dan berharga. Untuk mengasah skill ini, bisa dilakukan dari hal-hal terkecil. Misalnya datang tepat waktu, membuat timeline pekerjaan, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan lain-lain.

Demikianlah sepuluh skill di masa depan yang harus dipelajari agar bisa sukses. Selain itu, skill lain yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan dan masyarakat adalah konsistensi. Sebab, tanpa konsistensi, semua hal yang dipelajari tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

 

Referensi:

https://lifestyle.kontan.co.id/news/10-skill-yang-dibutuhkan-di-dunia-kerja-masa-depan-segera-kuasai-dari-sekarang

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/29/112212271/10-skill-yang-paling-dibutuhkan-di-masa-depan?page=all

https://vocasia.id/blog/skill-yang-dibutuhkan-di-masa-depan/

 

Komentar (0)