Yuk! Kita Intip Pekerjaan di Masa Depan

Dibuat oleh admin 26 January 2022
Yuk! Kita Intip Pekerjaan di Masa Depan

Perkembangan teknologi banyak terjadi saat ini hingga membuat jenis pekerjaan juga berkembang. Sejak mulainya Pandemi COVID-19 membuat banyak jenis pekerjaan dilakukan secara daring atau melalui berbagai platform digital. Future of Work Kapersky menemukan fakta banyak karyawan yang merasa ingin beralih pekerjaan dalam 12 bulan sejak Pandemi COVID-19 muncul. 1 Perubahan tersebut juga membuat banyak potensi pekerjaan yang memanfaatkan teknologi digital semakin berkembang dan menjanjikan untuk beberapa waktu di masa depan.

Untuk menyesuaikan perubahan tersebut, future people harus bisa berpikir visioner disamping mengembangkan hardskill dan softskill. Digitalisasi proses kerja dan penggunaan teknologi semakin sering dibutuhkan saat ini. Diperkirakan pada tahun 2025, ada beberapa profesi yang diprediksi akan menjadi pekerjaan yang paling dicari. 2  Inilah 5 Pekerjaan yang diprediksi  berdasarkan laporan  Future of Jobs Survey 2020 oleh World Economic Forum, mari kita intip:

  1. Data analyst dan data scientist

Pekerjaan yang membutuhkan skill dalam managemen atau pengolahan data, tujuannya adalah untuk meningkatkan kredibilitas dan keuntungan sebuah tim/perusahaan.

  1. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist

Penguasaan teknologi digital saat ini diperlukan agar masyarakat dapat menikmati dan menggunakan internet, aplikasi, platform ataupun teknologi digital lainnya dengan nyaman. AI dan Machine learning specialist bekerja melakukan pekerjaan seputar hal tersebut.

  1. Big Data Specialist

Big data specialist diperlukan organisasi atau perusahaan dalam menyimpan dan mengorganisir data untuk diulas, analisis dan menjadi laporan. Penguasaan tools dalam mengolah data sangat diperlukan untuk pekerjaan ini.

  1. Digital marketing and strategy specialist

Pekerjaan ini berhubungan dengan bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan cakupan pasar dan dikenal lebih luas. Dalam mengkonsep sebuah strategi pemasaran, pemahaman terhadap selera masyarakat saat ini dan penggunaan platform digital seperti internet, website, media sosial dan sebagainya.

  1. Process automation specialist

Menjadi Process automation specialist membutuhkan pengalaman dalam mendesain dan mengembangkan software guna mendukung sebuah pekerjaan agar dapat dilakukan secara berulang ulang  secara otomatis dan tidak perlu dilakukan secara manual.

Daftar pekerjaan tersebut menunjukkan pentingnya skill dalam berinteraksi dengan satu sama lain. Meskipun penguasaan teknologi dibutuhkan, softskill seperti pemecahan masalah, komunikasi, Kerjasama tim masih sangat diperlukan. Sektor jasa paling banyak diprediksi menjadi pekerjaan unggulan di masa depan.

_____________________________________

  1. Future of Work Kapersky menemukan 35 persen karyawan beralih kerja karena pandemic. Diakses di https://bisnis.tempo.co/read/1487906/pekerjaan-berhubungan-digital-menjanjikan-sepanjang-pandemi-covid-19 pada tanggal 13 Januari 2022 pukul 21.00 WIB.
  2. https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/24/170000365/4-tahun-lagi-10-pekerjaan-ini-menjanjikan-masa-depan-cerah?page=all

Komentar (0)